RSUD Beriman Balikpapan memberikan kemudahan akses dalam memberikan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat melalui Inovasi SI IMUT

Monday, 26-Jun-2023 Administrator

SI IMUT (Seputar Informasi Edukasi Penyakit Mulut) – Pada saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan semakin meningkat dan sudah mengarah pada spesialisasi dan subspesialisasi. Semakin pesat laju pembangunan, semakin besar pula tuntutan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Pada saat ini perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi di era globalisasi dilakukan untuk memberikan banyak kemudahan dalam mendapatkan informasi dan edukasi termasuk dalam mendapatkan informasi dan edukasi dalam bidang pelayanan Kesehatan. Semakin pesat laju perkembangan teknologi dan media sosial maka pelayanan Kesehatan khususnya dalam bidang preventif di lingkup rumah sakit mulai berubah dari awalnya secara lisan menjadi menggunakan metode-metode melalui media sosial (seperti Video, Tiktok dan Instagram).

Salah satu pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah pemberian informasi dan edukasi bagi pasien dan keluarga yang dating berobat kepoliklinik RSUD Beriman Balikpapan. Dengan terwujudnya pemahaman edukasi yang baik bagi pasien, maka akan meningkatkan derajat kesehatan bagi pasien khususnya dan masyarakat pada umumnya.

RSUD Beriman Balikpapan merupakan fasilitas kesehatan tingkat lanjut/rujukan di Balikpapan yang bertugas melakukan upaya kesehatan perseorangan dan masyarakat melalui kegiatan preventif, promotif, kuratif, dan rehabiltatif. Sesuai dengan Visi RSUD Beriman Balikpapan, yakni “Menjadi rumah sakit yang terpercaya, inovatif dan berkeadilan” dan Misi RSUD Beriman Balikpapan  “memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, terjangkau, professional dan berorientasi pada pasien” .

Informasi dan edukasi penyakit mulut kami sajikan dalam inovasi ini oleh karena media yang tersedia di masyarakat sangat kurang, belum adanya sarana pendukung di RSUD Beriman Balikpapan, informasi dari media sosial yang kurang tepat, serta ketidaktahuan dan ketidakpahaman pasien yang terkait latar belakang pendidikan pasien.

RSUD Beriman Balikpapan sebagai layanan kesehatan masyarakat dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang profesional dan bisa memenuhi kebutuhan serta sesuai dengan tatanan kehidupan sekarang ini. Poliklinik gigi dan mulut merupakan ruang pelayanan yang bertujuan agar pasien mendapatkan pelayanan kesehatan terkait penyakit gigi dan mulut.

RSUD Beriman Balikpapan mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna yang berfungsi dalam penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan seusai standar pelayanan rumah sakit. Sebagai unit terdepan dalam pelayanan tingkat lanjutan RSUD Beriman Balikpapan juga berfungsi memberikan pelayanan pengobatan, promosi kesehatan, pencegahan dan upaya rehabilitasi. Salah satu fasilitas unggulan yang dimiliki oleh RSUD Beriman Balikpapan yaitu adanya dokter gigi spesialis penyakit mulut yang dapat menerima dan melayani kasus spesialistik penyakit mulut serta memberikan informasi dan edukasi terkait penyakit pada rongga mulut pasien yang mudah dipahami oleh pasien dan masyarakat terhitung sejak bulan Oktober 2017.

Dengan dibuatnya inovasi SI IMUT (Seputar Informasi Edukasi  Penyakit Mulut) diharapkan dapat  memberikan pelayanan pemberian informasi dan edukasi penyakit mulut bagi pasien dan keluarga yang mudah untuk di akses dan didapat, meningkatkan pemahaman dan kesadaran pasien dan keluarga melalui informasi dan edukasi penyakit mulut yang diberikan, dan meningkatkan kunjungan pasien penyakit mulut agar sedini mungkin dapat melakukan pencegahan penyakit mulut ke tingkat keparahan yang lebih lanjut.